MEMANUSIAKAN MANUSIA

Kamis, 30 Agustus 2012


Penderitaan manusia zaman modern menghilangkan jejak sisi kemanusiaan, sesama manusia tak ubahnya binatang saling tikam-menikam demi sesuap nasi.
Bukankah sudah jelas  perbedaan manusia dengan selain manusia? akan tetapi mengapa kita menjauh bahkan pada diri sendiri. Apalagi bagi mereka yang mengaku beragama tapi tak ubahnya binatang menghendaki kehancuran demi kepuasan birahi.

Manusia harus memiliki prinsip, nilai, dan rasa kemanusiaan yang melekat dalam dirinya. Manusia memiliki perikemanusiaan,tetapi binatang tidak bisa dikatakan memiliki perbintangan.Hal ini karena binatang tidak memiliki akal budi,sedangkan manusia memiliki akal budi yang bisa memunculkan rasa atau perikemanusiaan.Perikemanusiaan inilah yang mendorong perilaku baik sebagai manusia.
Memanusiakan manusia berarti perilaku manusia untuk senantiasa menghargai dan menghormati harkat dan derajat manusia lainnya.Memanusiakan manusia memberi keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain. Bagi diri sendiri akan menunjukan harga diri dan nilai luhur pribadinya sebagai manusia . Sedangkan  bagi orang lain akan memberikan rasa percaya, rasa hormat, kedamaian , dan kesejahteraan hidup.
Sebaliknya,sikap tidak manusiawi terhadap manusia lain hanya akan merendahkan harga diri dan martabatnya sebagai manusia yang sesungguhnya makhluk mulia.Sedangkan bagi orang lain sebagai korban tindakan yang tidak manusiawi akan menciptakan penderitaan,kesusahan,ketakutan,perasaan dendam,dan sebagainya. Sejarah membuktikan bahwa perseteruan, pertentangan,dan peperangan terjadi diberbagai belahan dunia adalah karena manusia belum mamapu memanusiakan manusia lain,dan sekelompok bangsa menindas bangsa lain.Penjajahan atau kolonialisme  adalah contoh perilaku satu bangsa menindas bangsa lain.Penjajahan tidak sesuai dengan perikemanusiaan.
Perilaku tidak manusiawi dicontohkan  dengan adanya kasus kekerasan terhadap para pembantu rumah tangga.Misalkan seorang pembantu disiksa,tidak diberi upah ,dikurung dalam rumah,dan sebagainya.Para majikan telah melakukan tindakan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip kemanusiaan.
Sikap dan prilaku memanusikan manusia di dasarkan atas prinsip kemanusiaan yang disebut the mankind is one. Prinsip kemanusiaan tidak membeda-bedakan kita memperlakukan orang lain atas dasar warna kulit, suku, agama, ras, asal dan status social ekonomi.Kita tetap harus manuisa terhadap orang lain,apapun latar belakangnya,karena semua manusia adalah makhluk Tuhan yang sama harkat dan martabatnya.
Perilaku yang manusiawi atau memanusiakan manusia adalah sesuai dengan kodrat manusia. Sebaliknya ,perilaku yang tidak manusiawi bertentangan dengan hakikat kodrat manusia. Prilaku yang tidak manusiawi akan mendatangkan kerusakan hidup manusia.

1 komentar:

Posting Komentar