SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
MATA KULIAH :
KEWIRAUSAHAAN
DESKRIPSI MATERI
MATA KULIAH : KEWIRAUSAHAAN
BEBAN KREDIT : 2 ( DUA ) SKS
JENIS MK : Matakuliah Perilaku Berkarya ( MPB )
DESKRIPSI PERKULIAHAN
} Matakuliah ini mengajak para mahasiswa berperan sebagai wirausahawan diberbagai sektor riil usaha.
TUJUAN
SETELAH PERKULIHAN INI MAHASISWA DIHARAPKAN :
- mampu belajar mandiri.
- mampu melihat peluang bisnis.
- memiliki ketrampilan berwirausaha.
- mampu bekerja dalam tim.
- menjadi lebih kreatif.
- mampu berkomunikasi dan berpresentasi secara efektif.
- mahasiswa memiliki kedisplinan dan tanggung jawab yang tinggi.
Keluhan para pengguna sarjana; kualitas lulusan perguruan tinggi sekarang banyak yang "payah":
} Tidak tangguh, cepat bosan, kutu loncat
} Tidak memiliki empati
} Kurang jujur dan tidak memiliki integritas
} Kurang mampu berkomunikasi
} Kurang inisiatif dalam pekerjaan, termasuk kurang berinisiatif untuk bertanya
} Kurang berani bermimpi (membuat dreams), fokus pada kendala bukan pada dreams.
} Kurang memiliki rasa humor
} Seringkali “muntaber” (mundur tanpa berita).
Linda Pinson & Jerry Jinner. Step to Small Business. KAPLAN Publishing, 2006
Sukmadi, Imam Hudaya, Parlan Sulistiyono. Menjadi Wirausahawan handal. Humaniora, 2008.
Tilaar. Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasional. Kompas Gramedia, 2012.
Frans M. Royan & Roy Kurniawan. Kiat Sukses Merancang dan Mengaplikasikan “Marketing Plan”. Kompas Gramedia,
Kotler. Manajemen Pemasaran.
Tim Harford. Book of the Year The Economist “Logika Hidup”. Gramedia, 2011.
Richardus Eko Indrajit & Richardus Djokopranoto. Wealth Management. Andi, 2011.
Joko Salim. Kunci Sukses membangun dan Melesatkan Bisnis. Kompas Gramedia, 2011.
Roger Dawson. Seni Negoisasi. Gramedia, 2010
Buchari Alma. Kewirausahaan (untuk Mahasiswa dan umum). Alfabeta, 2009
Tim Harford. Book of the Year The Economist “Logika Hidup”. Gramedia, 2011.
William Guinness. Cash Flow Rules. Elmatara, 2000.
Berhard Limbong. Stop Mencari Uang. Margaretha Pustaka, 2011.
Darmin Ahmad Pella, Afifah Inayati. Talent Management. Gramedia, 2011.
Jeffrey K. Liker. Toyota Culture. Esesni,, 2008.
Frans M. Royan. Strategi Sukses Memasarkan Produk baru. Elex Medi Komputindo, 2011.
Abas Sunaryo, Sudaryono, Asep Saifullah. Kewirausahaan. Andi, 2000.
Berhard Limbong. Stop Mencari Uang. Margaretha Pustaka, 2011.
Freddy Rangkuti. Business Plan. Gramedia, 2010. Andrias Harefa & Eben Ezer Siadari. The Ciputra Way. Elex Media Komputindo, 2009.
EVALUASI
Awal memulai, mencari bisnis, dan menentukan bisnis yang bisa dilakukan
Memilih nama, lokasi, bisnismengembangkan bisnis, dan memilih partner
Manajemen organisasi, sdm, keuangan dan pemasaran
Tes 1
Persiapan co-op entrepreneurship
Pelaksanaan co-op
Pelaporan magang
Business plan
Aplikasi
Tes 2
Review
Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan ide bisnis
Linda Pinson & Jerry Jinner. Step to Small Business. KAPLAN Publishing, 2006
Sukmadi, Imam Hudaya, Parlan Sulistiyono. Menjadi Wirausahawan handal. Humaniora, 2008.
Tilaar. Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasional. Kompas Gramedia, 2012.
Frans M. Royan & Roy Kurniawan. Kiat Sukses Merancang dan Mengaplikasikan “Marketing Plan”. Kompas Gramedia,
Kotler. Manajemen Pemasaran.
LITERATUR 2
Eman Suherman. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Alfabeta Bandung, 2006Tim Harford. Book of the Year The Economist “Logika Hidup”. Gramedia, 2011.
Richardus Eko Indrajit & Richardus Djokopranoto. Wealth Management. Andi, 2011.
Joko Salim. Kunci Sukses membangun dan Melesatkan Bisnis. Kompas Gramedia, 2011.
Roger Dawson. Seni Negoisasi. Gramedia, 2010
Buchari Alma. Kewirausahaan (untuk Mahasiswa dan umum). Alfabeta, 2009
LITERATUR 3
Justin G. Longenecker, Charlos W. Moor, J. William Petty. Kewirausahaan ( Manajemen Usaha Kecil). Salemba Empat, 2001.Tim Harford. Book of the Year The Economist “Logika Hidup”. Gramedia, 2011.
William Guinness. Cash Flow Rules. Elmatara, 2000.
Berhard Limbong. Stop Mencari Uang. Margaretha Pustaka, 2011.
Darmin Ahmad Pella, Afifah Inayati. Talent Management. Gramedia, 2011.
Jeffrey K. Liker. Toyota Culture. Esesni,, 2008.
LITERATUR 4
Mulyadi Nitisusastro. Kewirausahaan & manajemen Usaha Kecil. Alfabeta, 2010.Frans M. Royan. Strategi Sukses Memasarkan Produk baru. Elex Medi Komputindo, 2011.
Abas Sunaryo, Sudaryono, Asep Saifullah. Kewirausahaan. Andi, 2000.
Berhard Limbong. Stop Mencari Uang. Margaretha Pustaka, 2011.
Freddy Rangkuti. Business Plan. Gramedia, 2010. Andrias Harefa & Eben Ezer Siadari. The Ciputra Way. Elex Media Komputindo, 2009.
EVALUASI
} Test 1 : 10 %
} Tes 2 : 10 %
} Tugas Kelompok : 10 %
} Tugas Mandiri (Co-op/Magang): 10 %
} Kehadiran/Partisipasi : 5%
} UTS : 25%
} UAS : 30%
Nilai Akhir Mahasiswa Bergantung Pada Hasil Total Evaluasi Tersebut Diatas.
NILAI
A : 80 – 100
B : 70 – 79
C : 56 – 69
D : 46 – 55
E : < 46
TES 1, TES 2, UTS, DAN UAS
Materi Tes 1 Bersumber Pada Topik Pertemuan 1, 2, 3, 4 Dan 5. Materi Tes 2 Berasal Dari Topik Pertemuan 7, 8, 9, 10. Materi Uts Berasal Dari Pertemuan 1 Sampai Dengan 6.
TUGAS
} Mahasiswa/ Kelompok Menyajikan Ide Bisnis Atau Konsep Bisnis Setiap Pertemuan Sesuai Dengan Jadwal.
} Setiap Pertemuan, Mahasiswa Mengerjakan Lembar Kerja Secara Mandiri Atau Kelompok
MATERI PERKULIHAN
PendahuluanAwal memulai, mencari bisnis, dan menentukan bisnis yang bisa dilakukan
Memilih nama, lokasi, bisnismengembangkan bisnis, dan memilih partner
Manajemen organisasi, sdm, keuangan dan pemasaran
Tes 1
Persiapan co-op entrepreneurship
Pelaksanaan co-op
Pelaporan magang
Business plan
Aplikasi
Tes 2
Review
MATERI PERKULIAHAN
- Pendahuluan
Tujuan:
- Pengenalan sap
PERTEMUAN II.
POKOK BAHASAN : AWAL MEMULAI BISNIS
TUJUAN:
Mahasiswa diharapkan mampu:
Membuat ide bisnisMengevaluasi kekuatan dan kelemahan ide bisnis
Metode:
Memilih partner yang baik dalam usaha anda.
Usaha helm batik sebagai upaya pelestarian budaya di kota situbondo
Bisnis kaos smile sebagai media komunikasi budaya senyum di situbondo.
Usaha kapala (kafe pecinta alam) sebagai warung makanan yang inspiratif dalam upaya pelestarianlingkungan
Pemasaran wisata situbondo melalui media facebook.
Majalah bisnis kita: sebagai media iklan tepat dan tarif hemat.
T-shirt dengan ilustrasi ciri khas situbondo yang didesain dengan gaya urban.
Usaha mikro pembuatan souvenir berbahan dasar limbah kerang
Usaha rental komputer dan penyediaan atk
Kursus komputer keliling
Usaha laundry lebih cepat lebih bersih lebih murah di sekitar perkotaan situbondo
Pendirian usaha les privat cerdas untuk siswa sd, smp dan sma di situbondo
Penerbitan buku mudah berbisnis untuk pelajar sebagai bahan untuk peningkatan usaha koperasi siswa sekolah
Pembentukan biro konsultasi kesulitan belajar sekolah terpencil di kabupaten situbondo untuk mengembangkan wirausaha mahasiswa.
Pembentukan bimbingan belajar ekonomi tingkat smp dan sma sebagai sarana berwirausaha di kalangan mahasiswa
Jasa pengetikan komputer, toko buku dan kios isi ulang pulsa.
Usaha gubuk kopi dengan fasilitas hot spot gratis.
Warung belajar mahasiswa sebagai peluang usaha mahasiswa.
Pemanfaatan kolam menjadi suatu usaha yang menguntungkan dengan usaha pembesaran ikan gurami dan penanaman papaya.
Pengembangan usaha pembuatan media film pembelajaran untuk mata pelajaran ekonomi smp dan sma.
Rental modem sebagai jasa akses internet secara praktis
Usaha pembuatan batik kaos
Pengelola pesta ulang tahun anak-anak
Usaha pembuatan dan komersialisasi cd pendidikan karakter sebagai usaha pengembangan soft skill mahasiswa
Peluang usaha entertainment.
2. Latar belakang masalah
3. Perumusan masalah
4. Tujuan
5. Luaran yang diharapkan
6. Kegunaan
7. Metode pelaksanaan
8. Jadwal kegiatan
9. Rancangan biaya
10. Lampiran (1. Biodata ketua & anggota)
Diskusi dan tanya jawab
PERTEMUAN III
POKOK BAHASAN : MENCARI BISNIS
POKOK BAHASAN : MENCARI BISNIS
Tujuan :
Mahasiswa diharapkan mampu:
Menganalisa mengembangkan bisnis sendiri, pembelian sebuah bisnis yang ada, franchise.
Metode:
Diskusi dan tanya jawab
PERTEMUAN IV
POKOK BAHASAN : MENENTUKAN BISNIS YANG DAPAT DILAKUKAN
POKOK BAHASAN : MENENTUKAN BISNIS YANG DAPAT DILAKUKAN
Tujuan :
Mahasiswa diharapkan mampu:
Menganalisis kelayakan bisnis untuk menentukan bisnis yang dapat dilakukan
METODE:
diskusi dan tanya jawab
V. TES I
TUJUAN:
TUJUAN:
Mahasiswa Dites Untuk Mengetahui Seberapa Jauh Pemahamannya Tentang Materi Yang Telah Diberikan Dari Pertemuan I Sampai Dengan Pertemuan IV.
PERTEMUAN VI
POKOK BAHASAN : MEMILIH NAMA DAN LOKASI BISNIS
POKOK BAHASAN : MEMILIH NAMA DAN LOKASI BISNIS
Tujuan :
Mahasiswa diharapkan mampu:
membuat nama bisnis dan mencari lokasi yang tepat
Metode:
Diskusi dan tanya jawab
UJIAN TENGAH SEMESTER
( UTS )
( UTS )
- Jadwal Ditentukan Kemudian
PERTEMUAN VII
POKOK BAHASAN : MENGEMBANGKAN BISNIS DAN MEMILIH PARTNER YANG BAIK DALAM USAHA ANDA
POKOK BAHASAN : MENGEMBANGKAN BISNIS DAN MEMILIH PARTNER YANG BAIK DALAM USAHA ANDA
Tujuan :
Mahasiswa diharapkan mampu:
Mengembangkan home businessMemilih partner yang baik dalam usaha anda.
Metode:
Diskusi dan tanya jawab
PERTEMUAN VIII
POKOK BAHASAN : PERENCANAAN PEMASARAN DAN PROMOSI
POKOK BAHASAN : PERENCANAAN PEMASARAN DAN PROMOSI
Tujuan :
Mahasiswa diharapkan mampu:
- Melihat peluang pasar
- Melakukan promosi
Diskusi dan tanya jawab
PERTEMUAN IX
POKOK BAHASAN : PERENCANAAN BISNIS
POKOK BAHASAN : PERENCANAAN BISNIS
Tujuan :
Mahasiswa diharapkan mampu:
menulis dan merevisi rencana bisnis
Metode:
Diskusi dan tanya jawab
PERTEMUAN X
POKOK BAHASAN : BUSINESS PLANNING (LANJUTAN)
POKOK BAHASAN : BUSINESS PLANNING (LANJUTAN)
PERTEMUAN XI TES II
TUJUAN:
TUJUAN:
Mahasiswa dites untuk mengetahui seberapa jauh pemahamannya tentang materi yang telah diberikan dari pertemuan vii sampai dengan pertemuan x.
PERTEMUAN XII
POKOK BAHASAN : REVIEW
POKOK BAHASAN : REVIEW
MENGAPA HARUS KREATIF?
} Untuk pencari peluang
} Untuk menunjukkan semangat wirausaha
} Untuk menjadi pro-aktif dan bukan reaktif
} Karena segala sesuatu tidak terjadi begitu saja – kita harus membuatnya terjadi.
AKANKAH IDE BAGUS MUNCUL SENDIRI SECARA ILMIAH?
BRIGHT IDEAS
} Business orientated
} Realistic
} Innovative
} Genuine opportunities
} Honest
} Timely
APA YANG DAPAT ANDA LAKUKAN DALAM BISNIS?
IDE-IDE DAPAT DATANG DARI:
v Hobi/ minat
v Pengalaman masa lalu
v Latar belakang pendidikan
v Kebutuhan di daerah sekeliling anda
CONTOH JUDUL WIRAUSAHA
Usaha studio foto dan video shooting sebagai upaya pengembangan potensi kewirausahaan mahasiswa.Usaha helm batik sebagai upaya pelestarian budaya di kota situbondo
Bisnis kaos smile sebagai media komunikasi budaya senyum di situbondo.
Usaha kapala (kafe pecinta alam) sebagai warung makanan yang inspiratif dalam upaya pelestarianlingkungan
Pemasaran wisata situbondo melalui media facebook.
Majalah bisnis kita: sebagai media iklan tepat dan tarif hemat.
T-shirt dengan ilustrasi ciri khas situbondo yang didesain dengan gaya urban.
Usaha mikro pembuatan souvenir berbahan dasar limbah kerang
Usaha rental komputer dan penyediaan atk
Kursus komputer keliling
Usaha laundry lebih cepat lebih bersih lebih murah di sekitar perkotaan situbondo
Pendirian usaha les privat cerdas untuk siswa sd, smp dan sma di situbondo
Penerbitan buku mudah berbisnis untuk pelajar sebagai bahan untuk peningkatan usaha koperasi siswa sekolah
Pembentukan biro konsultasi kesulitan belajar sekolah terpencil di kabupaten situbondo untuk mengembangkan wirausaha mahasiswa.
Pembentukan bimbingan belajar ekonomi tingkat smp dan sma sebagai sarana berwirausaha di kalangan mahasiswa
Jasa pengetikan komputer, toko buku dan kios isi ulang pulsa.
Usaha gubuk kopi dengan fasilitas hot spot gratis.
Warung belajar mahasiswa sebagai peluang usaha mahasiswa.
Pemanfaatan kolam menjadi suatu usaha yang menguntungkan dengan usaha pembesaran ikan gurami dan penanaman papaya.
Pengembangan usaha pembuatan media film pembelajaran untuk mata pelajaran ekonomi smp dan sma.
Rental modem sebagai jasa akses internet secara praktis
Usaha pembuatan batik kaos
Pengelola pesta ulang tahun anak-anak
Usaha pembuatan dan komersialisasi cd pendidikan karakter sebagai usaha pengembangan soft skill mahasiswa
Peluang usaha entertainment.
STRUKTUR USULAN PROPOSAL
1. Judul2. Latar belakang masalah
3. Perumusan masalah
4. Tujuan
5. Luaran yang diharapkan
6. Kegunaan
7. Metode pelaksanaan
8. Jadwal kegiatan
9. Rancangan biaya
10. Lampiran (1. Biodata ketua & anggota)
( 2. Biodata dosen pendamping)
(3. Gambaran teknologi yg akan diterapkan)
MATERI I. AWAL MEMULAI BISNIS
Tulisan ini banyak bersumber dari ebook: Step to
small business (Linda Pinson, 2006)
MENGAWALI, MENCARI DAN MENENTUKAN BISNIS YANG BISA DILAKUKAN
Setiap orang mempunyai
mimpi untuk memiliki bisnis. Suatu saat
dan kapan saja, kita semua akan mempunyai ide yang bisa saja datang dari
pikiran, dan juga bisa memungkinkan ide itu datang karena ada peluang pasar.
Linda Pinson (2006) mendefinisikan bahwa
entrepreneur adalah orang yang
selalu mendapatkan ide besar saat mandi dan keluar dari kamar mandi
tetap memikirkannya. Banyak orang mendapatkan ide di kamar mandi tetapi setelah
keluar dari kamar mandi melupakannya. Bagaimanapun juga, Anda akan meningkatkan
perubahan untuk lebih sukses jika Anda
bertanya, berfikir sebelum melakukan sesuatu. Apa alasan saya memulai bisnis
ini? Bisnis apa yang bisa saya mulai?
Apa skill, ketertarikan, dan kemampuan pribadi
yang nantinya mampu saya bawa untuk bisnis ini? Apa kekuatan dan
kelemahan saya untuk memiliki bisnis ini?
A. Uji
Objektivitas Pribadi Anda
Mulailah dengan
pertanyaan kenapa Anda ingin memulai bisnis ini. Orang ingin memiliki bisnis
karena berbagai alasan. Ada yang ingin mereka menjadi “ bos,” “membangun masa depan,” “mengikuti
mimpi,” “mendapatkan banyak uang.”
Pikirkan dengan cermat kenapa Anda ingin memulai dan menjalankan suatu
bisnis. Apa faktor motivasi anda memulai dan menjalankannya?
Ada dua pemikiran yang
menjadikan factor motivasi memiliki bisnis:
1. Memilih
bisnis dengan potensi profit yang besar. Yang mesti difikir, Buat apa anda
berbisnis jika tidak bisa mendapatkan uang yang banyak.
2. Memilih
bisnis karena mencintai bisnisnya. Yang mesti difikir, Kalau tidak enjoy dengan
pekerjaannya, kenapa harus dilakukan.
Apabila profit yang menjadi motivasi , pikirkan dengan cermat
apa makna tersebut. Binsinya harus mampu menutupi semua pembiayaan, bayar semua
pembiayaan, tutupi keuangan persanal yang dibutuhkan, dan mempunyai cukup pendapatan
agar bisnis bisa tumbuh. Fokus pada aturan bisnis yang akan dilaksanakan yang
berkaitan dengan keuangan. Akankah bisnis ini akan bisa menyediakan keuntungan
yang penuh? Akankah bisnis ini mendorong pendapatan anda?
Apabila motivasi
melakukan bisnis berdasarkan cinta pada bisnis itu, coba analisis apa maksud
tersebut. Apakah ada peluang pasar untuk
mendorong mimpi anda. Adakah potensi yang cukup untuk membuat bisnis ini profit
dan tidak hanya anda melakukan ini dengan kebodohan. Apakah
bisnis anda bisa dilakukan?
Bisnis yang sukses itu
memberikan profit dan menjalaninya dengan senang hati. Dengan kehati-hatian dalam
suatu penelitian dan perencanaan yang
dapat dikembangkan untuk suatu bisnis yang kesenangan dan kebanggaan, dan
menghasilkan cukup pendapatan untuk
memenuhi kebutuhan perorangan, membayar semua kebutuhannya yang berkaitan
dengan bisnis, dan menyediakannya untuk pertumbuhan masa depan bisnis. Kata
kuncinya adalah Research and Planning. Lanjutkan dengan beberapa penelitian
sampai pada diri anda sebagai pemilik,
yang mambawa pada bisnis anda.
B. Eksplorasi
Ide Bisnis
Ide untuk bisnis baru
datang dari berbagai banyak sumber. Anda harus benar-benar tertarik dengan
bisnis tersebut. Perhatikan hobi anda, pengalaman
kerja, dan aktivitas luang. Bisa saja Anda , mengembangkan bidang makanan,
melakukan perancanaan event, les, service, dan lain –lain.
Jual apa yang Anda
Tahu? Ada beberapa pengetahuan atau skill yang dapat dijadikan referensi untuk
berbisnis. Bisa membaca Koran atau majalah, menghadiri workshop, seminar. Bisa
juga menjelajah di internet mencari ide bisnis yang memungkinkan dijalankan
oleh anda. Setelah itu anda pelajari demografinya, database, survey pasar, dan
buat juga daftar sumber informasi.
Anda dapat juga
mengembangkan bisnis berdasarkan perlengkapan yang sudah siap anda miliki dan
teknologi yang anda mengerti. Seperti
video recording dan fotografi untuk event.
Anda juga bisa mengeksplorasi ide bisnis yang baru
dengan cara kursus, magang, bekerja
sesuai dengan ketertarikan ide bisnis. Jika Anda tertarik dengan catering,
bekerja di restaurant. Pelajari semua aspek bisnis tersebut. Bagaimana supplied
ordernya, bagaimana penanganan pengiriman ordernya, bagaimana pengendalian
persediaannya, bagaimana penanganan makanannya, bagaimana penanganan sajian dan
pesanannya? Apa kekuatan restaurant tersebut? Apa yang perlu anda perbaiki? Anda
tidak sedang mencuri perencanaan bisnis dia! Tetapi Anda ingin mendapatkan
pendidikan atau pelajaran ketika sedang bekerja sampingan dan mendapatkan uang
ekstra untuk menunjang awal memulai bisnis anda nanti. Anda akan mempelajari
menikmati peristilahan dan prosedur
menjalankan bisnis industry makanan. Anda juga akan menemukan kenikmatan yang
nyata bekerja di bidang makanan. Seorang entrepreneur yang berdaya cipta dapat
mengembangkan produk baru atau meningkatkan sesuatu yang sudah ada.
C. Identifikasi
Skill, Interests, dan kualitas personal
Investigasi dan teliti kemampuan dan ide bisnisnya.
Kehati-hatian mengevaluasi skill, kesenangan, dan kualitas personal dapat
membantu menentukan bisnis yang paling baik dan cocok. Keterampilan (skill)
adalah kemampuan untuk menggunakan kemampuan dan training kemahiran. Kesenangan
(Interest) adalah sesuatu yang membuat anda enjoy melakukakannya dan bisnis itu
membawa kesenangan. Kualitas personal adalah suatu ciri dan karakter yang unik.
D. Evaluasi
kekuatan dan kelemahan Anda
Anda tidak perlu menjadi orang yang ahli menjalankan
bisnis anda, tetapi anda harus memahami secara realistis kekuatan dan kelemahan
anda. Tidak ada pebisnis tahu segalanya! Anda harus melihat kekuatan dan
kelemahan ide bisnis anda. Lakukan ini sebelum anda berhenti bekerja,
menginvestasi uang anda, atau mengisi waktu luang untuk memulai bisnis baru.
Ketika anda memutuskan berbisnis, jawab pertanyaan dibawah ini:
·
Apakah anda memiliki keterampilan untuk
menjalankan ide bisnis ini?
·
Apakah anda tau apa yang bisa membantu
anda untuk memenuhi kebutuhan bisnis anda dan dimana anda akan menemukan
bantuan itu?
·
Apakah anda mempunyai waktu yang
dibutuhkan untuk mempelajari apa yang perlu anda ketahui?
·
Dapatkah anda membayar untuk kebutuhan
gaji staf atau membayar konsultan?
·
Apakah anda benar-benar tertarik dalam
bisnis tertentu?
·
Apakah anda berkomitmen untuk
keberhasilan bisnis?
·
Apakah anda bersedia untuk mencurahkan
waktu yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis yang sukses?
·
Apakah bisnis ini mengisi kebutuhan yang
belum terpenuhi?
·
Apakah ada permintaan konsumen yang
cukup untuk mendukung bisnis anda?
·
Dapatkah anda secara efektif bersaing di
pasar?
·
Akankah anda dapat memahami bisnis
dengan laporan keuangan?
·
Apakah anda akan mengembangkan rencana
bisnis yang dapat anda gunakan sepanjang kehidupan bisnis anda?
Pertanyaan tersebut diatas sebagai pemikiran awal
memulai bisnis. Jawaban Iya atau Tidak. Jika masih ada jawaban Tidak, maka
perlu menganalisa kembali kemampuan ide bisnis Anda.
----- Sekian, semoga kita dimudahkan melangkah
menuju kesuksesan yang kita harapkan--------
1 komentar:
dfdfdf
Posting Komentar